Peringatan Isra Mikraj di Pondok Pesantren Modern Al Anwar, Pacitan, Sabtu (21/3).
Peringatan Isra Mikraj di Pondok Pesantren Modern Al Anwar, Pacitan, Sabtu (21/3).

Di tengah merebaknya virus corona atau covid-19, Pondok Pesantren Modern Al Anwar di Desa Ploso, Pacitan, Jawa Timur, Sabtu (21/3),  tetap mengadakan peringatan Isra Mikraj Nabi Besar Muhammad SAW. Kegiatan peringatan bertempat di Masjid Al Anwar di halaman pondok pesantren tersebut.

Meski begitu, kegiatan Isra Mikraj  tahun ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan diadakan secara sangat sederhana.

"Kegiatan sederhana karena ponpes tetap memperhatikan imbauan pemerintah dan pengasuh pesantren terkait wabah penyakit yang berkembang saat ini," ujar ustad Muhammad Ma'zum selaku ketua panitia.

Meskipun dilaksanakan sederhana, tidak berkurang kekhidmatan acara Isra Mikraj. Ada rangkaian doa bersama untuk keselamatan bangsa di tengah merebaknya virus covid-19. Harapannya, semoga wabah penyakit ini cepat berakhir dan semuanya bisa beraktivitas seperti biasa.

Di temui terpisah, pengasuh pondok ustad Abdul Manan Anwar menyampaikan bahwa kegiatan ini bersifat internal. Kegiatan hanya diikuti keluarga besar pondok yang bermukim di lokasi pesantren. "Tidak menghadirkan tamu dari luar sama sekali," ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, seluruh santri baik putra maupun putri. Kegiatan diawali pembacaan salawat nabi dengan pelafalan yang berjalan  khidmat. Pembacaan salawat dipimpin langsung oleh ustad Muhammad Makzum dan ustad Winart selaku ustad senior dalam bidang salawatan.

Di akhir kegiatan, ustad Abdul Manan Anwar memimpin pembacaan doa untuk keselamatan bangsa dan negara.