Eks pasar Junrejo yang mangkrak di Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Eks pasar Junrejo yang mangkrak di Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Setelah tidak berfungsi bertahun-tahun, akhirnya eks Padar Junrejo di Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo bakal dimanfaatkan. Rencananya di sana bakal dibangun tempat wisata.

Tempat wisata yang akan dibangun itu dengan konsep agrowisata. Dengan ditanami sejumlah pohon buah dengan beragam macam jenis.

Yang nantinya hasil itu bisa dipanen. “Rencananya di tahun 2020 ini. Dan ini masuk dalam pembangunan  prioritas,” ungkap Kepala Desa Junrejo, Andi Faizal Hasan.

Ia menambhakan jika nantinya wisata bisa bisa memberikan pemasukan untuk Pemdes Junrejo. Konsep itu dibuat karena dirasa akan menguntungkan.

“Konsep ini kita buat seperti ini karena kami rasa akan menguntungkan, karena kalau pun terjadi hal buruknya kita masih akan dapat untungnya,” imbuh kepala desa dua periode ini.

Menurutnya antisipasi terburuk jika wisatawan tidak datang, Pemdes masih bisa mendapatkan untung. Untung itu didapatkan dari hasil buah yang dipanen. 

Rencananya di sana juga dilengkapi dengan wisata pertanian, fasilitas seperti area transit, wisata kuliner, kamar mandi, hingga tempat ibadah.

Menurutnya lahan wisata yang akan digarap seluas 2,7 hektare. Dengan anggaran pembangunan diambil dari APBDes tahun 2020, anggarannya sekitar Rp 650 juta dan akan dikelola oleh Bumdes.